Model Integrasi Keputusan Lokasi, Perutean Kendaraan, dan Pengendalian Persediaan Pada Sistem Rantai Pasok Tiga Eselon

Authors

  • Nova Saragih
  • Senator Nur Bahagia Institut Teknologi Bandung
  • Suprayogi Suprayogi Institut Teknologi Bandung
  • Ibnu Syabri Institut Teknologi Bandung

:

https://doi.org/10.9744/jti.19.1.1-10

Keywords:

integrasi, keputusan lokasi, pengendalian persediaan, perutean kendaraan, multi eselon

Abstract

Keputusan lokasi, perutean kendaraan, dan kebijakan persediaan merupakan keputusan yang saling terkait satu dengan yang lain. Keputusan pengendalian persediaan, seperti ukuran lot pemesanan dan frekuensi pemesanan akan mempengaruhi baik itu ongkos persediaan dan ongkos transportasi. Sebagai contoh, pengiriman dalam kuantitas yang sedikit dan frekuensi yang sering menyebabkan pengurangan ongkos persediaan tetapi membutuhkan tambahan ongkos transportasi. Selanjutnya, keputusan perutean dan keputusan pengendalian persediaan akan mempengaruhi keputusan pemilihan lokasi sebab pemilihan lokasi ditentukan berdasarkan kriteria ongkos sistem minimum. Kegagalan dalam melibatkan ongkos persediaan dan ongkos transportasi ke dalam pertimbangan ketika memilih lokasi dapat menyebabkan sub-optimalitas sebab keputusan pemilihan lokasi memiliki dampak yang besar pada ongkos persediaan dan ongkos transportasi. Oleh karena itu, bagaimana memilih lokasi, menentukan rute kendaraan, dan mengendalikan persediaan yang optimal menjadi isu yang penting dalam merancang sebuah sistem logistik. Penelitian ini mengembangkan model integrasi yang secara simultan mengoptimisasikan keputusan lokasi, rute kendaraan, dan pengendalian persediaan pada sistem rantai pasok tiga eselon yang belum pernah dikembangkan sebelumnya. Entitas yang terlibat dalam rantai pasok kajian terdiri dari satu Pemasok, multi Depot, dan multi Ritel. Karakteristik permintaan yang dipertimbangkan dalam penelitian ini bersifat probabilistik dan jumlah produk terdiri dari satu produk. Model integrasi yang dikembangkan selanjutnya dipecahkan dengan metode optimal dan metode heuristik. Setelah dilakukan perbandingan dengan model dekomposisi diperoleh kesimpulan bahwa model integrasi menghasilkan ongkos total sistem yang lebih kecil.

References

1. Liu, S.C. and Lin, C.C., A Heuristic Method for the Combined Location Routing and Inventory Problem, International Journal Advanced Manufactured Technology, 26, 2005, pp. 372–381. [CrossRef]

Liu, S.C. and Lee, S.B., A Two-Phase Heuristic Method for the Multi-Depot Location Routing Problem Taking Inventory Control Decisions Into Consideration, International Journal Advanced Manufactured Technology, 22, 2003, pp. 941–950. [CrossRef]

Shen, Z.M. and Qi, L., Incorporating Inventory and Routing Costs in Strategic Location Models, European Journal of Operational Research, 179, 2007, pp. 372–389. [CrossRef]

Ambrosino, D. and Scutella, M.G., Distribution Network Design: New Problems and Related Models, European Journal of Operationa Research, 165, 2005, pp. 610–624. [CrossRef]

Javid, A.H. and Azad, N., Incorporating Location, Routing and Inventory Decisions in Supply Chain Network Design, Transportation Research Part E, 46, 2010, pp. 582–597. [CrossRef]

Sajjadi, S.R., Hamidi, M., and Cheraghi, S.H., Multi-Product Capacitated Location Routing Inventory Problem, International Journal of Modern Engineering, 13(2), 2013, pp. 68-77. [CrossRef]

Guerrero, W.J., Prodhon, C., Velasco, N. and Amaya, C.A., Hybrid Heuristic for the Inventory Location-Routing Problem with Deterministic Demand, International Journal Production Economics, 146, 2013, pp. 359–370. [CrossRef]

Saragih, N.I., Nur Bahagia, S., Suprayogi, and Syabri, I., A Survey on Location-Routing-Inventory Problem, Proceedings of the 8th Widyatama International Seminar on Sustainability, Universitas Widyatama, 2016, pp. 139-141. [CrossRef]

Nur Bahagia, S., Model Optimasi Integral Sistem Rantai Nilai 3 Eselon, Proceedings Seminar Sistem Produksi IV, 1999, pp. 1-9. [CrossRef]

Nur Bahagia, S., Sistem Inventori, Penerbit ITB, 2006. [CrossRef]

Horowitz, E., Sahni, S., and Rajasekaran, S., Computer Algorithm, Computer Science Press, 1998. [CrossRef]

Ghiani, G., Laporte, G., and Musmanno, R., Introduction to Logistics Systems Planning and Control, John Wiley & Sons Ltd, 2004. [CrossRef]

Varberg, D., Purcell, E.J., and Rigdon, S.E., Calculus, 9th Edition, Prentice Hall, 2007. [CrossRef]

Toth, P. and Vigo, D., The Vehicle Routing Problem, SIAM Monographs on Discrete Mathematics And Applications, 2002.[CrossRef]

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

[1]
N. Saragih, S. Nur Bahagia, S. Suprayogi, and I. Syabri, “Model Integrasi Keputusan Lokasi, Perutean Kendaraan, dan Pengendalian Persediaan Pada Sistem Rantai Pasok Tiga Eselon”, Jurnal Teknik Industri: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Industri, vol. 19, no. 1, pp. 1-10, Jun. 2017.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)