KOMITMEN DAN KAPABILITAS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA REVERSE LOGISTICS

Authors

  • I Nyoman Sutapa Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jti.11.2.163-173

Keywords:

Organisasi, teknologi logistik, kapabilitas inovasi, kapabilitas komunikasi, kinerja reverse logistics perusahaan plastik.

Abstract

Artikel ini mengkaji pengaruh pengorganisasian dan pemanfaatan teknologi logistic dalam pengelolaan reverse logistics di perusahaan manufaktur penghasil barang/kemasan plastik terhadap kapabilitas inovasi dan komunikasi perusahaan dalam meningkatkan kinerja reverse logistics perusahaan. Analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan reverse logistics melalui alokasi anggaran dan pembentukan unit pengelola tersendiri disertai pendayagunaan teknologi, terutama pertukaran data secara elektronik, mampu meningkatkan kapabilitas inovasi, khususnya kemampuan kustomisasi dan fleksibilitas perusahaan dalam meningkatkan kinerja reverse logistics, dalam hal ketepatan waktu dan biaya operasional yang rendah. Di sisi lain, kapabilitas komunikasi belum terbukti dapat memengaruhi kinerja reverse logistics dikarenakan kapabilitas yang dimiliki belum dimanfaatkan secara optimal.

Downloads

Published

2009-12-07

How to Cite

[1]
I. N. Sutapa, “KOMITMEN DAN KAPABILITAS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA REVERSE LOGISTICS”, Jurnal Teknik Industri: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Industri, vol. 11, no. 2, pp. 163-173, Dec. 2009.

Most read articles by the same author(s)